Friday, January 18, 2019

OBROG-OBROG

Alhamdulillah kembali saya ucapkan karena mungkin itu wujud Syukurku yang paling besar bisa bertemu lagi dengan Ramadhan di tahun ini,
tidak ada yang spesial sampai  hari ke 6 di bulan Ramadhan ini, tapi yang mungkin bisa di bilang Beda di Ramadhan ini yaitu sepi tanpa kehadiran Obrog².
hah...What the Meaning Of  Obrog-Obrog??

baiklah mungkin akan lebih baiknya saya bisa sedikit menjelaskan tentang siapa,dan apa itu si Obrog-Obrog, 

Obrog-Obrog berasal dari kata Obrog yang dalam Istilah Astanalanggar (Desa tempat dimana Saya Dilahirkan :-P) yaitu RAMAI, jadi kalu di ulang Obrog-Obrog berarti Ramai-ramai heheheh.. gampang kan, Tapi saya disini tidak akan mendefinisikan kata ramai2 yang mungkin anda fikirkan adalah mebikin Onar dengan bertreriak-teriak, atau membunyikan Klakson sepeda motor hingga bising, atau ramai dalam artian begitu banyak orang berkumpul karena adanya sesuatu, bukan...bukan itu kawan (koyo lagune Bang Iwan Fals hahahaha.....) 
ramai disini yaitu beramai-ramai membangunkan orang yang terlelap tidur untuk segera bangun lalu pergi kedapur, memasak seadanya, ataupun hanya sekedar menghangatkan sisa lauk tadi sore.
Kenapa kok lagi enak2nya tidur di bangukan?? bukanya malah mengganggu?? "Oh... Tentu Tidak"
ya,,, saya bicara tentang Sahur kawan!!! itulah mengapa obrog-obrog hanya hadir di bulan Ramadhan.... karena memang Obrog² berfungsi pada bulan ini saja, dan kalaupun ada perilaku mirip obrog² di luar bulan Ramadhan itu sudah bukan Obrog-Obrog lagi. mungkin....apa yaa... yang jelas saya tidak bisa menjelaskan apa itu, atau mungkin ada di antara kawan2 yang punya istilah untuk menamai sebuah kegiatan yang mirip Obrog² itu...silahkan...:-)

Obrog² adalah Kata benda, dan kata kerjanya yaitu NGOBROG asal kata Obrog-Obrog di beri Imbuhan "ng" jadi tidak ada pengulangan :-) 
mungkin dikota-kota besar seperti Bandung,Semarang, Surabaya dll akan ada aktivitas seperti tsb diatas cuman mungkin beda tempat, beda istilah, saya tidak tahu. 

PERLENGKAPAN TEMPUR
Di Astanalanggar (tempat dimana saya tinggal) cara membangunkan orang sahur memang Beda dari desa-desa yang lain, disini kami menamakan kegiata ini dengan Obrog², tapi kalo di desa lain mungkin ada yang Bernama Umbul, Thak-dheng, apalah..itu yag jelas itu adalah istilah kegiatan untuk membangunkan orang sahur, Obrog² dibilang beda karena alat yang di gunakanya pun sangat bisa di bilang KEREN, yaitu :
1. Gitar Electrik + effect
2.Bass Elektrik
3.Kendang Dangdut,
4. Dua Keyboard 1 untuk String dan lainya untuk Accord
5.Suling
6.Cymbal
7. Sound System + Jenset beroda sebagai pengganti kinerja awak PLN =))
dan tidak Lupa Biduan Cantik (suara gak enak gak ngurus yang penting cantik ,,,wkwkwkwkw)

Lho..Lho... sebentar , kok seperti mau dangdutan ya? .... YUP, benar itulah mengapa saya bilang beda, cara yang paling unik dan mengasyikan membangunkan seseorang tanpa mengusiknya yaitu dengan Dangdutan,disamping orang itu bisa bangun dari tidurnya karena kebisingan suara Sound System yang lumayan Gede. juga orang itu bisa bermanggut-manggut ria karena setelah bangun dari tidurnya yang ia dengar adalah musik kesayangan mereka (baca. wong Ndeso  senengane DANGDUT) hahahaha.....

PANGGUNG GROBAK
Satu lagi yang dibilang unik, yaitu hadirnya "PANGGUNG GROBAK"  yaitu sesuatu benda buatan hasil modifikasi dari Gerobak yang di sambung menjadi 4 roda dengan tuas di depanya sebagai kendali, juga terdapat sebuah panggung di atasnya fugsinya untuk dinaiki para musisi Obrog-Obrog agar tidak Capek Jalanya, karena begitu banyak warga yang harus mereka bangunkan dari tidurya.
lalu pertanyaanya siapa yang mengendalikan atau mendorong panggung grobak tersebut?
ROBJ
ROBJ yaitu singkatan dari Rombongan Obrog Bagian Jaran mereka terdiri dari ± 6 orang,2 orang bertugas menarik tuas panggung grobak, 1 orang menarik Jenset beroda dua, dan yang lainya sebagai penyeimbang panggung grobak ada yang mendorongnya dari belakang ada juga yang menyeimbangkan jikalau ada jalanan yang bergelombang dengan berjalan di samping gerobak siap² menunggu perintah :-)
kenapa di namakan Bagian Jaran (baca: kuda) ya ,.. karena memang mereka bertugas sebagai penarik panggung grobak tersebut, tapi  kenapa tidak sapi atau kerbau, jadi bisa Disebut ROBS ataupun ROBK? bukankah sapi dan kerbau juga menarik Pedati atau gerobak seperti kuda?  
Ya... bisa saja, dinamakan ROBS ataupun ROBK tapi ... mungkin karena di Astanalanggar (lagi2  desa dimana saya di lahirkan :-P ) jarang dijumpai kerbau atau sapi, tapi disini kebanyakan kuda yang sering kami jumpai . so... Suka² Kami dong mau mengistilahkan apa saja ...hahahahaah Pisss!!!!
IDER
Istilah Ider di ambil dari bahasa serapan jawa Cirebon dan Tegal yang artinya yaitu berkeliling  kata kerjanya yaitu Mider  dari kata dasar Ider di beri awalan "M" =))
para rombongan Obrog² Ider adalah suatu kewajiban yang sepertinya harus mereka penuhi setiap harinya, meskipun tanpa adanya orang yang memerintahkan, tapi entah kenapa hal itu menjadi kewajiban mereka seperti halnya bawahan yang harus taat pada pimpinanya. Ider ini di bagi menjadi dua bagian, yaitu Ider Awan dan Ider Bengi. 
Ider Bengi
Ider bengi dilakukan setiap malamnya, dimulai dari pukul 01.30 s/d selesai. tepatnya setelah merasa telah terbangunkan semua seluruh warga Desa, waktunya memang tidak lama karena yang di lakukan hanyalah mendendangkan lagu² dangdut  maupun lagu² cirebonan yang sedang populer di telinga para pendengar,,, dengan hanya berjalan menyusuri jalan² desa dan sesekali berhenti sejenak, itupun hanya sekedar melepas lelah karena pasukan ROBJ  pun butuh seteguk air untuk menghilangkan dahaganya (lebay...hahahaha)
Ider Awan
Mungkin inilah bayaran dari apa yang dilakukan oleh mereka para obrog-obroger (semua yang terlibat di obrog) kegiatan ini di lakukan di siang hari tepat seperti menurut kata Awan  yang jika di artikan menurut kamus bahasa jawa yaitu Siang. dan kegiatanya yaitu persis seperti Ider bengi namun bedanya selain waktu, kali ini mereka tidak hanya mendendangkan lagu² dan menyusuri jalan seperti biasanya, tapi sesekali berhenti di setiap rumah yang berpenghuni alias bukan rumah kosong, untuk sekedar meminta upah seikhlasnya atas jasa mereka membangunkan di setiap sahurnya, upahnya pun beraneka ragam ada yang memberi uang ada pula yang memberikan beras, dalam hal ini Obrog-Obrogers di bantu team khusus yang menamakan dirinya PASUKAN BASKOM, Yaitu tim yang tugasnya membawa baskom dan mampir ke setiap rumah yang di lewati dengan harapan di beri sesuatu baik beras ataupun uang.
Ider Awan tidak di lakukan setiap hari, ini mungkin karena Ider awan hanya sebatas meminta sumbangan atau upah atas jasa² para Obrog-Obrogers dalam membangunkan sahur, so.. gak mungkin juga kalo meminta upah jasa setiap hari, oleh karena itu disiasati mungkin 5 hari sekali ataupun 3 hari sekali.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 :::PAIDIN:::